Sekilas Tentang Islam di Inggris

Assalamu'alaikum

Sekarang mau share info tentang "Muslim di Inggris".... Langsung aja ya

As we all know, Islam menjadi agama terbesar kedua di Inggris, setelah Kristen tentunya... dan terus berkembang setiap tahunnya. pesatnya perkembangan Islam di Inggris gak lepas dari situasi yang kondusif dan masyarakatnya yang sangat toleran, saling menghargai. Survey tahun 2011 menyatakan, jumlah Muslim di Inggris sudah hampir menyentuh angka 3 juta orang atau sekitar 5% dari total populasi Inggris. itu berarti Muslim cuma kalah dari penganut Kristen yang tentu saja menjadi mayoritas (59%) dan mereka yang memilih atheist (24%).


Muslim di Inggris
 Mayoritas Muslim Inggris merupakan imigran dari Pakistan, India, atau Bangladesh. kebanyakan Muslim di Inggris adalah businessman, pedagang, dan tentu pelajar/mahasiswa. Dalam konteks pendidikan, pelajar/mahasiswa Muslim di Inggris jumlahnya cuma kalah dari pelajar/mahasiswa Hindu dan Sikh. Rata-rata pelajar/mahasiswa Muslim di Inggris itu pinter dan berprestasi.

Oke kita sekarang beralih ke sejarah Islam di Inggris......

 Islam sendiri sudah menyentuh tanah Britania sejak sekitar abad 17 dan 18 atau bahkan dikatakan jauh lebih awal dari itu. kelompok Muslim dalam skala besar pertama yg masuk Inggris adalah para pelaut yang direkrut dari India untuk bekerja di Inggris pada abad 18. 

William Henry Quilliam aka Abdullah Quilliam
 Muslim sudah masuk tentu diikuti dengan pendirian masjid dan Masjid pertama yang berdiri di Inggris terletak di kota Liverpool. Scouser bernama William Henry Quilliam memutuskan untuk masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Abdullah Quilliam.

 Setelah masuk Islam, Quilliam memutuskan untuk mendirikan Liverpool Muslim Institute pada 1891 yang juga sekaligus berfungsi sebagai Masjid. Quilliam menyewa rumah di Brougham Terrace no. 8 untuk dijadikan masjid. Dari sana lah, Quilliam dengan lantang mengumandangkan adzan.

 Masjid yang didirikan Quilliam itu sekarang udah gak ada dan kembali jadi rumah. Ini pemandangannya saat ini.
Masjid yang didirikan Quilliam
 Sekarang kita masuk ke Manchester. Sebagai kota besar, tentu jumlah Muslim di kota hujan ini termasuk banyak. Islam mulai berkembang di Manchester sekitar awal tahun 1900an, lagi-lagi berasal dari imigran yang bekerja, berdagang, maupun belajar. 


 Sebelum ada masjid, Muslim di Manchester biasanya merayakan hari raya Ied di Britannia Restaurant. Pada tahun 1948 komunitas Muslim di Manchester menggelar pertemuan untuk membahas pembelian rumah/bangunan untuk dijadikan masjid. Akhirnya disepakati untuk mengambil dua rumah di wilayah Victoria Park untuk dijadikan sebagai masjid dan Islamic Centre. Masjid pertama di Manchester pun akhirnya berdiri dan diberi nama Manchester Central Mosque atau dikenal juga sebagai Victoria Park Mosque. 
Pemandangan Manchester Central Mosque saat ini... letaknya sekitar 6,5 km dari Old Trafford (20 menit perjalanan)


Oke, segitu dulu ya sekilas tentang Islam di Inggris. Semoga bermanfaat ya :)


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar